Senin, 16 Juni 2014

Chocolate Custard Muffins


Assalamualaikum Moms...

Kembali lagi dengan sesuatu yangg berbau cokelat. Berhubung keluarga yang punya blog penggemar cokelat, harap maklum ya kalau sering baking sesuatu berbau cokelat? hehehe... Tadi pagi pas lihat stock bahan makanan lihat chocochip orange cokelat yang belum terbuka bungkusnya, akhirnya tergiur untuk membuat cup cake atau muffin yang bisa ditaburi chocochip ini di atasnya. Akhirnya jatuhlah pilihanku pada resep dari blog mbak Hesti di sini, apalagi review dari teman-teman yang juga sudah membuat muffin ini sepertinya sangat lezat. Resep aslinya dari Dan Lepard yang sudah diuji coba oleh mbak Hesti. Rasa muffinnya enak banget, nyokelat dan enggak seret sama sekali, muffin tapi moist, bingung mendiskripsikan, pokoknya mendekati cake tapi juga bukan cake, pertengahan antara tekstur cake dan muffin gitu sajalah menyebutnya. Nyesel cuma bikin setengah resep Moms, cuma jadi 7 cup sich. Yang jelas ini bisa menjadi alternatif andalan bikin cake dalam cup untuk cemilan keluarga.


Kembali ke cerita chocochip yang aku gunakan, berhubung tidak hanya cokelat saja yaitu bisa dibilang duo orange and chocolate chocochip, muffin ini jadi kaya rasa. Asli chocochipnya menambah enak muffin ini, nyesel cuma aku taburkan chocochipnya, sepertinya akan lebih nikmat lagi kalau adonannya aku beri chocochip ini juga, pasti bisa berasa orange chocochip juga dalamnya. Zie aja suka banget makan chocochipnya langsung, sampek nambah tiga kali, si papap juga penasaran lihat Zie doyan banget nyemilin chocochip sambil mamanya baking, akhirnya ngicip juga, katanya " ini chocochip kok berasa kayak cokelat susu merk ternama itu Moms? ", langsung dech aku sahut "hahaha... ada harga ada rupa kan pap???"


Berikut satu resep full dari blog mbak Hesti, aku cuma bikin setengahnya saja.

Chocolate Custard Muffins

Bahan :
125 tepung terigu protein sedang
2,5 sdt baking powder

50 gr maizena
3 sdm cokelat bubuk
100 gr gula palm
225 ml air putih
75 gr butter
125 gr cokelat batang, potong dadu kecil
75 ml minyak
1/2 sdt vanilli bubuk
2 butir telur
125 gr gula pasir

chocochip secukupnya, untuk taburan

Cara membuat :
1. Panaskan oven. Ayak tepung terigu dan baking powder, sisihkan.
2. Campur maizena, cokelat bubuk, gula palm dan air dalam panci, aduk rata sampai tidak bergerindil, lalu jerang di atas api hingga kental dan meletup-letup. Matikan api.
3. Masukkan butter dan cokelat batang, aduk hingga cokelat leleh dan adonan tercampur rata.
4. Masukkan minyak, vanilli bubuk dan telur, aduk rata, tambahkan gula pasir, aduk rata.
5. Masukkan campuran tepung terigu dan baking powder yang sudah di ayak.
6. Tuang dalam cup hingga 3/4 tinggi. Taburi chocochip.
7. Panggang hingga matang.


Happy baking Moms...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar