Sunday, June 30, 2013

Muffin Pizza


Muffin Pizza??? Aneh ya Moms namanya???

Maaf Moms hari ini baru bisa posting lagi setelah sekian lama off, minggu-minggu akhir bulan Juni ini benar-benar penuh cobaan buat keluarga Zie. Kami harus keluar dari kontrakan sebelum waktunya, apalagi rumah yang kami bangun juga belum jadi. Sempat panik tapi akhirnya kami putuskan untuk pindah ke kontrakan kami yang lain, kontrakan yang khusus kami kontrak untuk para pak tukang. Alhasil satu rumah digunakan oleh 8 penghuni, mesti antri kalau mau mandi. Kok jadi curhat sich mama'e Zie ini? hehehe...


Balik lagi ke cerita Muffin Pizza ini, dari kemarin papap nyari snack yang bisa dimaem. Berhubung lagi libur kerja dan enggak bisa mudik gara-gara aku harus jadi koki buat pak tukang, akhirnya papap ikut-ikutan enggak mudik dech. Nah, karena nganggur itu akhirnya papap bingung nyari acara, termasuk nyari cemilan di dapur. Sampai-sampai tanya ke aku apa enggak ada kue yang bisa dimakan. hehehe... Maaf ya papap??? Hari ini aku tawari pengen dibuatkan apa ke papap, eh malah bilang enggak ada ide, pokoknya roti aja dech. Tambah bingung dech aku ini mesti bikin apa.

Akhirnya aku putuskan bikin pizza aja, berhubung loyang yang ketemu loyang muffin, aku cetak aja dech kecil-kecil pakai loyang muffin itu. Karena alasan itu aku beri nama Muffin Pizza. Kali ini aku pakai resep roti yang agak encer adonannya, sehingga hasilnya empuk banget, banyak rongga dibagian dalam rotinya. Bener-bener empuk dan nagihin Moms, masih panas langsung ludes. Sampai-sampi ditanyain sepupuku, " Tumben enggak difoto dulu???" Lha wong pada enak maemnya, mau aku ambil kok ya enggak tega. Akhirnya disisain 5 biji sama papap dan sepupuku, aku ambil 3 untuk difoto, pinjam dulu ya pap??? hehehe...


Untuk hari-hari ini kayaknya dapur-ziah enggak bakal menyuguhkan resep kue yang harus menggunakan mixer, bahkan dihari jadiku kemarin tak ada kue yang menemani ucapan selamat dari keluarga dekatku, mau beli juga enggak mood. Bingung mesti nyari di sebelah mana barang-barang kesayanganku itu, barang hasil packing yang menggunung sudah aku ubek-ubek, tapi tetep enggak kemetu. Mixer, timbangan, spatula, whisker, gelas ukur dan perabot lainnya entah nyelip dimana. Yang ada hanya loyang-loyang dan blender. Nah lho, bingung juga nich. Akhirnya hanya menggunakan ilmu feeling untuk menimbang berat bahan makanan yang mau diolah.


Snack ini benar-benar pas buat para pecinta roti, pizza dan cemilan sehat. Tapi awas buat yang lagi diet, karena ukurannya kecil, habis 3 buah enggak berasa lho. hehehe... Cocok juga buat snack box, tinggal pakai cup, langsung cantik dech untuk isian snack box. Buat yang pengen nyoba, silahkan dipraktekkan resep berikut (aku pakai ilmu kira-kira saat menentukan berat bahannya).

Muffin Pizza

Bahan :
-roti-
250 gr tepung terigu protein tinggi
1/2 bungkus ragi instan
1/2 sdt garam
2 sdm minyak goreng
1 1/2 sdm gula
1 gelas air hangat (225-250 ml)

-saus-
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah bawang bombai, cincang halus
100 gr daging giling
5 sdm saus tomat
1/2 gelas air (125 ml)
1/4 sdt kaldu sapi bubuk (optional)
1/2 sdt garam
1/4 sdt lada bubuk
1/4 sdt oregano bubuk
1/4 sdt basil bubuk

-topping-
3 buah sosis sapi, iris bulat, tumis sebentar
keju quick melt secukupnya, parut halus

Cara membuat :
1. Untuk membuat roti, campur semua bahan, aduk hingga rata, hasilnya lembek sehingga bisa disendoki. Diamkan 15 menit hingga mengembang.
2. Untuk membuat saus, tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang bombai hingga berubah warna. Lalu tambahkan daging giling, aduk hingga daging berubah warna. Kemudian masukkan air dan saus tomat, biarkan hingga air menyusut. Tambahkan kaldu sapi bubuk, garam dan lada. Icipi rasanya, sesaat sebelum matikan api, tambahkan oregano dan basil. Siap digunakan.
3. Untuk pembuatan, masukkan adonan roti sesendok makan ke loyang muffin yang sudah diolesi margarin. Beri saus hingga rata. Oven selama 5 menit. Keluarkan, lalu beri topping. Oven kembali hingga keju meleleh, sekitar 8 menit. Jangan terlalu lama memanggang, nanti rotinya keras.

Happy baking Moms...

No comments:

Post a Comment