Jumat, 28 Maret 2014

Ayam Kremes Tulang Lunak dengan Sambal Bajak



Assalamualaikum Moms...

Hari ini agak punya semangat berlama-lama di dapur, pagi-pagi sudah pergi ke pasar untuk beli beberapa bahan yang pengen dieksekusi hari ini. Tapi ya seperti biasalah, akhirnya hanya satu jenis saja yang tercapai untuk dieksekusi. Berhubung lama enggak makan ayam tulang lunak bikinan sendiri, akhirnya hari ini aku sempatin mempresto ayam, sebenarnya sich enggak lama proses mempresto itu, tapi nunggu mood datang itu yang bikin lama. hahaha...


Sebelumnya sudah pernah bikin olahan ayam kremes di sini, tapi waktu itu aku masih belum punya panci presto, jadinya hari ini aku posting lagi ayam kremes dengan embel-embel "tulang lunak". Disandingkan dengan nasi hangat dan sambal bajak, heemmmm... bikin lupa diet, sayang lalapannya enggak lengkap, cuma punya ketimun aja di lemari es, maklum tanggal tuwir. hehehe....


Berikut aku tulis ulang resep Ayam Kremes, tapi kali ini versi Tulang Lunak.

Ayam Kremes Tulang Lunak dengan Sambal Bajak

Bahan :
-ayam presto-
4 siung bawang putih
3 cm kunyit
1 sdt ketumbar

5 cm lengkuas, geprek
3 cm jahe, geprek
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 batang serai
1,5 sdm garam
1,5 L air
1 kg ayam, potong menjadi 10, cuci bersih

-bahan sambal-
250 gr tomat, potong jadi 2 bagian

4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
6 buah cabe rawit
1 buah cabe merah besar
1/2 sdt terasi

1 sdm gula jawa sisir
1/2 sdt garam
1 sdm minyak untuk menumis
daun kemangi secukupnya

-bahan kremes-
3 4sdm tepung tapioka
1/2 sdm tepung beras
1 butir telur
200 ml air sisa mempresto ayam

Cara membuat :
1. Membuat ayam presto, haluskan bawang putih, kunyit dan ketumbar. Campur dengan semua bahan, letakkan di panci presto. Presto selama 45 menit.
2. Sambil menunggu ayam dipresto, buat sambal bajaknya. Blender tomat hingga halus. Ulek bawang, cabe dan terasi hingga halus (kalau males ngulek bisa diblender sekalian saja), campur dengan tomat blender. Panaskan minyak, masukkan blenderan tomat dan bumbu, tumis hingga air mulai menyusut, masukkan gula jawa dan garam. Setelah sambal matang, matikan api, beri daun kemangi, sisihkan.
3. Goreng ayam presto setengah matang, sisihkan.
4. Buat kremes dengan cara, mencampur semua bahan, kocok rata, saring jika perlu. Panaskan minyak agak banyak, tuang sesendok sayur adonan kremes dengan jarak minyak dan tangan kita yang menuang agak jauh, biar kremesnya bisa berserat cantik, tunggu hingga buih mulai hilang dan kremes setengah matang, beri sepotong ayam goreng, lalu lipat kremes hingga menutupi ayamnya. Goreng hingga kremes matang.
5. Siap disajikan dengan nasi hangat.

Happy baking Moms...

2 komentar: