Jumat, 14 Maret 2014

Mie Ayam Ceker


Assalamualaikum Moms...


Sudah sarapan belum??? Jangan kaget sama tampilan barunya ya. Pengen yang soft aja dipandang mata, makanya aku jadikan warna put
ih backgroundnya, tapi kepala blognya masih tetep merah, belum sempat bikin yang baru. hehehe... Hari ini aku sarapan Mie Ayam Ceker, hasil bikin mie kemarin baru dijadikan menu hari ini. Mie Ayam Ceker ini resepnya aku dapat dari mbak Isna juga, pokoknya lagi demam sama virus yang ditularkan mbak Isna. Awalnya aku pikir pasti bakal membutuhkan waktu lama untuk membuat menu ini, tapi ternyata enggak, walaupun banyak pelengkap yang harus dibuat, tapi dengan dua kompor semuanya menjadi singkat.



Untuk resep aslinya ada di sini, jangan dibandingkan hasil fotoku yang menggunakan sarana seadanya ini dengan hasil foto mbak Isna yang kualitasnya nomor wahid ya, beda jauuuhhhh lah sama aku yang  masih amatiran ini. Hiks... Berikut aku tulis ulang resepnya, tapi cuma setengah resep aslinya.



Mie Ayam Ceker


Bahan :
daun sawi secukupnya, potong-potong lalu rebus hingga empuk


2 gulung mie telor hijau, rebus hingga matang

-minyak untuk penyajian perporsi-
1 sdm minyak ayam bawang
1 sdt kecap asin
1/2 sdt kecap ikan
1/4 sdt minyak wijen

Bahan untuk membuat pelengkap :
-Tumisan Ayam-
4 buah ceker ayam, rebus dengan 1 sdt garam dan 3cm jahe memarkan, sisihkan
1 sdm minyak untuk menumis
3 siung bawang putih, cincang
1/2 buah bawang bombai, dicincang kasar
250 gram dada ayam fillet, dipotong kotak
1 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
1/2 sdt garam
250 ml air

-Kuah-
1 sdm minyak untuk menumis
4 siung bawang putih, memarkan
3 cm jahe, memarkan
1 liter air
tulang ayam sisa fillet, cuci bersih hingga tidak ada darah
garam, merica dan gula secukupnya
daun bawang untuk taburan
bakso secukupnya (aku enggak pakai)

-Minyak Ayam Bawang-
100 ml minyak sayur
3 buah bawang putih
3 cm kunyit, memarkan
3 cm jahe, memarkan
1/2 sdt merica butiran
kulit ayam, sisa fillet

Cara membuat :
1. Membuat minyak ayam bawang, panaskan minyak, masukkan semua bahan, goreng hingga kulit garing. Angkat dan dinginkan, saring lalu simpan minyak dalam tempat kedap.
2. Buat tumisan ayam, panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombai sampai harum, masukkan ayam. Aduk rata sampai berubah warna. Tambahkan ceker ayam yang sudah direbus, saus tiram, kecap manis, garam dan merica bubuk. Aduk rata. Tuang air secara bertahap. Masak sampai matang dan kental.  Angkat.
3. Membuat kuah,  tumis bawang putih dan jahe hingga harum, masukkan ke dalam air, masak air sampai mendidih, masukkan tulang ayam. Masak dengan api kecil, tambahkan bakso, garam, merica dan gula. Masak kembali sampai mendidih dan taburi daun bawang. Angkat.
4. Penyajian, masukkan minyak untuk penyajian perporsi ke dalam mangkuk, tambahkan mie, aduk rata. Tambahkan sawi rebus, tumis ayam plus ceker dan pangsit goreng. Hidangkan dengan kuah.
5. Siap disajikan.




Happy baking Moms...

1 komentar:

  1. salam sukses kakak, saya ini kan lagi belajar masak, makanya saya lagi cari cari resep makanan di internet, eh taunya mampir deh ke blog kakak ini, kemaren saya liburan spa vacations sambil jalan jalan ambil paket wisata lombok , saya ada beli oleh oleh khas lombok pada toko yang jual madu asli di pulau lombok tersebut, nah kakak punya gak resep resep makanan, resep kue, atau resep minuman yang berbahan dasar madu atau resep kombinasi yang memakai madu ? terimakasih ya untuk tulisan tulisan kakak yaa.. keep writes

    BalasHapus