Saturday, February 2, 2013

Makaroni Schotel


Hari libur menghabiskan waktu dengan semua pekerjaan rumah. Mulai masak, nyuci baju sampek 3 sesi, beres-beres dll. Gak jadi hari libur dech. Sambil nunggu mesin cuci berhenti muter, aku bikin nich snack. Berbeda dari yang aku buat biasanya, Makotel ini aku bikin dengan metode kukus dan oven. Hasilnya aku suka banget, enggak begitu kering, agak basah tapi enggak blenyek. Penampakannya kayak gini nich waktu masih panas.


Waktu udah dingin nich Makotel teksturnya juga tetep ok, bisa dipotong-potong juga. Tapi aku lebih suka kalau makan Makotel panas-panas, sambil bilang "hah... hah... " karena kepanasan dan kepedesan dari saus sambalnya. hehehe... Khusus hari ini aku bikinnya di mangkok personal aja,soalnya buat dimakan sendiri. Sebenarnya bisa juga dicetaknya diloyang, terus nanti dipotong-potong terus ditaruh di cup kertas, atau pakai cup alumuniun foil aja biar praktis.

Untuk step-step membuatnya sebagian ada yang kefoto seperti ini nich.

sebelum di kukus

setelah di kukus

setelah dikasih topping


Buat yang berminat bikin, ini aku share resepnya.

Makaroni Scothel ala dapur-ziah

Bahan :
125 gr Makaroni, remus sampai al dente (3/4 matang)
1 sdm margarine
1 buah bawang bombai
2 siung bawang putih
80 gr daging sapi giling (bisa diganti dengan kornet sapi)
1/4 sdt pala bubuk
3 butir telur
50 gr keju, potong dadu
2 buah sosis sapi potong-potong (aku pakai merk Bernardi,lebih mantap rasanya,menurutku sich)
300 ml susu cair
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam

Bahan topping :
1 sdm margarin
3 sdm tepung terigu
300 ml susu cair
1/2 sdt garam
1/2 sdt basil kering (optional)
Keju parut dan sosis potong untuk taburan

Cara membuat :
1. Panaskan margarin, tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum.
2. Masukkan daging giling dan pala, tumis hingga berubah warna. Matikan api.
3. Masukkan makaroni, telur, keju, sosis, susu, merica dan garam. Icipi rasanya.
4. Tuang ke cup yang diinginkan. Kukus selama 30 menit.
5. Sambil menunggu, kita buat toppingnya, lelehkan margarin, masukkan tepung dan susu, kemudian beri
    garam dan basil. Aduk terus sampai mendidih seperti membuat bubur sumsum.
6. Setelah makaroni yang dikukus matang, tuangkan topping di atasnya, ratakan.
7. Taburi keju dan sosis potong, panggang selama 15 menit.
8. Siap disantap.

untuk 10 cup (aluminium foil kecil)

Happy baking Mom...

No comments:

Post a Comment